Utomo Priyambodo (Jawa Barat-Indonesia) – KARENA KEMANUSIAAN


 

KARENA KEMANUSIAAN

Oleh Utomo Priyambodo 

biarkan aku menangis karena kemanusiaan

menyibak tabir di malam hari

ternyata tidak sepekat nampaknya,namun lebih pekat

denyut-denyut nadi tak pernah berlebihan

tangisku tak pernah mengalahkan lolongan kesengsaraan

 

biarkan aku berduka karena kemanusiaan

dentang jam gadang selalu serupa terdengarnya

mata yang melelehkan air mata tak pernah mampu

mewakili sedih dan duka manusia

bahkan darah dari mata yang tertancap pisau belati

takkan semuram derita hidup yang teracuhkan nurani

 

biarkan aku marah karena kemanusiaan

biarkan kertas putih semua yang ada

aku coret-coret dengan darah dan nanah

biarkan semua warna lenyap dari dunia

dari pada ketimpangan yang disengajakan

tercipta terus-menerus, berjaya menjambak uban-uban (b)umiku

 

biarkan aku tersenyum karena kemanusian

buat apa menggauli macan putih

yang tak pernah tahu balas budi

aku ingin tersenyum kepada mereka

yang senantiasa berterima kasih

pada hidup yang sarat makna mensyukuri

 

biarkan aku berbahagia karena kemanusiaan

kelak, esok, nanti, adalah hal yang selalu kunanti

sebab kini tak banyak sungging senyum kulihat

pada mereka yang dihinakan, pada mereka yang dilecehkan

dan embun pagi masih mau memberi kesejukan;

sore mentari masih sudi memberi kehangatan

manusia yang dikucil dan dikecilkan masih mengindahkan kemanusiaan

 

 

  • Utomo Priyambodo, pemuda kelahiran 23 November  1992. Seorang mahasiswa yang tengah menimba ilmu di Institut Teknologi Bandung. Di sela-sela kuliahnya, ia berkegiatan di sebuah unit literasi bernama “Aksara”.  Tulisannya pernah dimuat dalam buku Antologi FF Persembahan Kupu-Kupu dan annida-online. Email: utomo.pr@gmail.com

Tinggalkan Balasan

